Syarat-Syarat Memilih Hewan Kambing Aqiqah

Tips membeli kambing aqiqah bertujuan untuk membantu setiap umat Muslim yang hendak melakukan akikah untuk anaknya. Akikah termasuk salah satu ajaran agama Islam yang dicontohkan Rasulullah SAW  mengandung manfaat dan hikmah positif yang dapat dipetik. Penyembelihan hewan ini berbeda dengan kurban, yakni dilakukan sebagai ucapan tanda syukur umat Muslim yang baru saja dikaruniai seorang anak. Ibadah yang hukumnya Sunnah Muakad ini biasanya dilakukan setelah 7 hari kelahiran si jabang bayi. Persyaratan menyembelih hewan ini untuk anak laki-laki sebaiknya disembelihkan dua ekor kambing dan anak perempuan sebaiknya satu ekor kambing.

Syarat-Syarat Memilih Hewan Kambing Aqiqah

Persyaratan Memilih Hewan Kambing Aqiqah

Sama seperti memilih hewan untuk qurban, persyaratan memilih kambing untuk aqiqah juga harus disesuaikan berdasarkan ketentuan hewan qurban. Memilih hewan untuk akikah, salah satu persyaratannya yaitu sehat dan tidak cacat. Dalam hal ini Anda perlu melakukan pemeriksaan mata pada kambing, apakah hewan tersebut memiliki kedua mata yang buta atau tidak. Lalu Anda harus melihat pada bagian telinga dan ekornya, apakah telah terpotong telinga dan ekornya ataukah tidak. Penting pula untuk diperhatikan fisik kambing itu sendiri, apakah hewan tersebut sehat ataukah sedang sakit. Hewan yang sehat biasanya berpenampilan menawan, matanya masih jernih dan awas, memiliki gerakan yang lincah, nafsu makan yang tinggi, kulit yang padat dan kenyal, volume makan yang berselera, memiliki bulu badan yang rata dan halus, saluran pembuangannya normal dan memiliki pernafasan yang teratur.

Alangkah baiknya Anda memakai jasa aqiqoh klaten  supaya lebih mudah menjalankan ibadah ini untuk sang buah hati. Dengan banyaknya penawaran jasa aqiqah, Anda harus lebih teliti lagi dalam menentukan penyedia jasa tersebut. Tentang cacat atau tidaknya kambing untuk akikah ini supaya sesuai dengan persyaratan kambing akikah, maka sebaiknya periksa gigi, bulu dan tanduk kambing. Apakah tanduknya patah atau giginya lepas. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan beberapa jenis penyakit yang kerap menyerang kambing. Sebab jika yang disembelih ternyata hewan yang berpenyakit, tentu saja bisa berbahaya bagi orang-orang yang mengonsumsi daging tersebut. Sebagai solusinya, Anda harus melihat penampilan fisik kambing tersebut.

Tulisan ini dipublikasikan di Peliharaan. Tandai permalink.