Kedai Kopi di Indonesia Kini Bisa Ditemukan dengan Mudah

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat timur dengan kekayaan hasil alam yang melimpah. Orang timur memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman hangat di pagi hari untuk memberikan semangat sebelum beraktivitas. Salah satu minuman yang paling banyak peminatnya di sini adalah kopi hitam dimana Indonesia merupakan negara keempat terbesar penghasil biji kopi tersebut. Karenanya tak jarang Anda akan menemukan kedai kopi sederhana di berbagai daerah yang menyajikan berbagai jenis kopi asli Indonesia.

Berbagai Macam Kedai Kopi yang Banyak Diminati

Sebuah kedai yang menyajikan kopi di dalamnya tak harus berarti warung yang kecil. Saat ini dengan semakin populernya kopi, tempat menjualnya pun semakin beragam seperti:

  • Warung kopi.
  • Angkringan.
  • Cafe.
  • Restoran.
  • Desert cafe.

Selain digunakan sebagai bahan minuman, kopi juga sering dipakai untuk perasa makanan tertentu misalnya kue atau makanan tradisional. Dengan mengkonsumsi secangkir kopi di pagi hari atau sore hari, tubuh akan mendapatkan asupan kafein untuk membantu melakukan pekerjaan rutinitas sehari-hari.

Saat ini banyak sekali jenis usaha yang menjual kopi sebagai salah satu komoditi dagangnya. Yang paling ramai dan trend sekarang adalah munculnya angkringan atau juga cafe-cafe kopi di sepanjang jalan. Uniknya angkringan dan cafe tersebut dibuat tak terlalu modern sehingga orang dari kalangan manapun bisa masuk dengan percaya diri untuk menikmati secangkir kopi maupun jajanan dan minuman lain yang disajikan. Selain menyajikan makanan dan minuman cafe atau angkringan juga bisa memberikan hiburan seperti life music, wifi dan tontonan layar lebar.

Jajanan yang kerap disajikan bersamaan dengan kopi adalah nasi bungkus, gorengan, mie, hingga kue tradisional dan modern dengan harga yang terjangkau. Cafe kopi memberikan nuansa tempat berkumpul yang nyaman dan aman sehingga sering digunakan para remaja untuk berkumpul bersama teman-teman. Harga jajanan di dalamnya yang tak terlalu mahal juga menjadi salah satu faktor penarik masyarakat untuk menikmati kopi dan jajanan di sana. Tetapi ada juga cafe yang bertempat di pelataran toko yang sudah tutup sehingga lebih luas dan segar dengan berbekal tikar atau meja kursi kecil. Tetapi harus berhati-hari jika tiba-tiba hujan turun karena biasanya penjual tak menyediakan tenda atau payung.

Dengan banyaknya peminat kopi di Indonesia, menjadi faktor penarik untuk usaha kedai kopi dari yang menggunakan mobil toko keliling hingga yang memiliki cafe mentereng di sebuah mall atau pemukiman kalangan atas. Harga secangkir kopi pun memiliki banyak perbedaan atau range harga tergantung dari fasilitas yang diberikan oleh si penjual kopi di tempat mereka masing-masing. Beberapa penjual kopi juga memiliki koleksi kopi dari luar negeri untuk memenuhi rasa penasaran bagi mereka yang betul-betul penikmat kopi. Bagi yang tidak terlalu fanatik, es kopi atau segelas cappuccino pun bisa dipesan untuk menemani makan nasi bungkus atau gorengan.

 

Tulisan ini dipublikasikan di Kuliner dan tag . Tandai permalink.